Dalam pengadaan seminar, penyusunan rundown acara seminar merupakan hal yang penting. Adanya rundown yang jelas dapat memudahkan pembawa acara dan pihak panitia dalam menyelenggarakan seminar. 

Pengertian rundown seminar sendiri adalah rincian susunan acara seminar dari awal hingga akhir. Ini mencakup kegiatan, waktu pelaksanaan, durasi setiap kegiatan, dan penanggung jawab dari setiap kegiatan. 

Cara Menyusun Rundown Acara Seminar 

Rundown seminar digunakan sebagai acuan bagi setiap orang yang terlibat dalam suatu seminar. Oleh karena itu, rundown harus disusun dengan saksama.     

1. Menyesuaikan dengan Tujuan dan Target Audiens   

Sebelum menyusun rundown, ketahui terlebih dahulu tujuan dari seminar tersebut agar bisa menentukan bentuk dan rangkaian acara dengan tepat. 

Selain itu, sesuaikan juga format acara seminar dengan target audiens agar seminar itu bisa menjadi relevan dan meninggalkan kesan yang menarik untuk semua audiens. 

2. Menyusun Rangkaian Acara

Selanjutnya, susun rangkaian acara dengan terstruktur, mulai dari awal hingga akhir. Ini mencakup pembukaan, setiap sesi, hiburan, istirahat, hingga penutupan. Pastikan tidak ada satu pun rangkaian yang terlewat.    

3. Menentukan Waktu dan Durasi  

Tentukan waktu pelaksanaan dan durasi dari setiap kegiatan dengan mengalokasikan waktu yang cukup agar tidak berlarut-larut maupun terlalu padat. 

Jika terlalu padat, maka peserta akan cenderung kelelahan dan panitia pun akan kesulitan untuk fokus. Di sisi lain, jika terlalu berlarut-larut, maka peserta akan bosan.     

4. Menentukan Penanggung Jawab  

Tentukan penanggung jawab dari setiap kegiatan agar bisa diatur dan dilaksanakan dengan baik dan benar. Karena area di kertas rundown terbatas, maka penanggung jawab dapat ditulis dengan istilah PIC (person in charge).  

5. Konfirmasi dengan Narasumber dan Seluruh Panitia  

Usai menyusun rundown, konfirmasi dengan narasumber dan semua pihak dalam kepanitiaan agar tidak ada yang terlewat. Lakukan revisi jika perlu dan lakukan finalisasi dengan tepat.  

Contoh Rundown Acara Seminar  

Agar lebih jelas, simak rundown acara seminar berikut ini: 

08.00-08.30: Registrasi | PIC: Valen 

08.30-08.45: Pembukaan | PIC: Retno 

08.45-09.45: Sesi 1 – Peluang Bisnis di Era Digital oleh Bapak Hendrawan | PIC: Yusuf 

09.45-10.15: Diskusi Panel | PIC: Helena (moderator) 

10.15-10.30: Coffee Break | PIC: Elisa 

10.30-11.30: Sesi 2 – Strategi Pemasaran di Era Digital oleh Ibu Wahyuni | PIC: Jeffry 

11.30-12.30: Istirahat Makan Siang | PIC: Elisa

12.30-13.30: Sesi 3 – Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Bisnis Digital | PIC: Bisma  

13.30-14.15: Tanya Jawab | PIC: Helena

14.15-14.30: Pemberian Cendera Mata | PIC: Retno  

14.30-15.00: Foto Bersama | PIC: Retno Setelah memahami cara menyusun dan contoh rundown acara seminar di atas, silakan susun rundown dengan tepat.

SOUVIA