Kepemimpinan merupakan kemampuan penting di dalam berbagai bidang. Oleh karena itu, pengertian kepemimpinan adalah hal yang penting untuk dipahami. 

Dengan memiliki kemampuan untuk memimpin, seseorang dapat memimpin suatu tim dengan baik dan benar agar mencapai tujuan bersama. 

10 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Pengertian kepemimpinan juga banyak dikemukakan oleh para ahli. Ada banyak para ahli yang mengemukakan gagasannya dalam pendefinisian dari kata kepemimpinan. Berikut adalah berbagai definisi kepemimpinan menurut para ahli.   

1. Sutarto Wijono

Arti kepemimpinan menurut Sutarto adalah sebuah rangkaian aktivitas penataan, yang berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain. 

Hal ini dilakukan dalam situasi tertentu, yang bertujuan untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. 

2. Imam Moejiono

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki dalam memberikan pengaruh satu arah. Hal ini karena seorang pemimpin memiliki beberapa kualitas tertentu, yang berbeda dari para pengikutnya.

3. Ott

Menurut Ott, kepemimpinan adalah sesuatu yang bisa didefinisikan sebagai suatu proses hubungan antarpribadi, yang di dalamnya akan ada pengaruh kepercayaan, sikap, dan perilaku. 

4. Stoner

Kepemimpinan adalah sebuah proses dalam memengaruhi atau mengarahkan sebuah kegiatan. Kegiatan tersebut dilakukan dalam kelompok atau organisasi dan bertujuan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. 

5. Jacobs dan Jacques

Jacobs dan Jacques menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah sebuah proses dalam memberi arti terhadap usaha kolektif. Hal ini membuat adanya kesediaan dalam melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sebuah tujuan.

6. Sullivan dan Decker

Kepemimpinan adalah penggunaan keterampilan seseorang untuk memengaruhi orang lain dalam melaksanakan sesuatu dengan sebaik mungkin.   

7. Fiedler 

Kepemimpinan adalah sebuah pola yang menggambarkan hubungan antarindividu yang telah menggunakan pengaruh kepada sekelompok orang untuk bekerja sama dalam mencapai sebuah tujuan.   

8. Ralp M. Stogdill

Kepemimpinan merupakan sebuah proses untuk memberikan pengaruh untuk berbagai kegiatan kelompok yang terorganisasi. Hal ini dilakukan dalam usaha untuk menetapkan dan mencapai sebuah target. 

9. Hemhiel dan Coons

Menurut Hemphill dan Coons, kepemimpinan adalah sebuah perilaku dari individu saat memimpin aktivitas dalam organisasi atau kelompok, yang bertujuan untuk mencapai tujuan secara bersama. 

10. Kenneth N.Wexley dan Gary Yukl 

Kepemimpinan adalah sebuah kegiatan dalam memengaruhi orang-orang lain untuk mengarahkan tenaga di dalam tugasnya atau mengubah perilaku mereka demi mencapai suatu target. 

Aspek Penting Kepemimpinan

Menurut buku yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia (2009) karya Edy Sutrisno, ada beberapa aspek penting dalam sebuah kepemimpinan, yakni:

  • Seorang pemimpin harus melibatkan orang lain. 
  • Kepemimpinan mencakup distribusi kekuasaan. 
  • Kepemimpinan adalah kemampuan dalam menggunakan kekuasaan demi kepentingan bersama, bukan pribadi.  

Demikianlah informasi tentang pengertian kepemimpinan menurut para ahli dan aspek penting dalam kepemimpinan. Terapkan tiga aspek penting di atas untuk menjadi pemimpin yang baik dan benar.    

SOUVIA