Kewirausahaan adalah keterampilan yang perlu dimiliki semua orang. Kata kewirausahaan sendiri sering diidentikkan dengan bisnis. Padahal kemampuan ini juga penting untuk karyawan. 

Kata kewirausahaan datang dari kata wirausaha, yang berarti individu yang menyusun, mengembangkan, dan menentukan produk atau jasa yang akan dibuat.    

Kewirausahaan Adalah Keterampilan Penting 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata wirausaha terdiri dari dua kata, yakni wira yang berarti orang yang bersifat berani dan usaha yang berarti kegiatan dengan mengerahkan pikiran dan tenaga untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, kewirausahaan adalah keterampilan untuk berani mengerahkan pikiran dan tenaga guna mencapai tujuan.   

Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer mendefinisikan kewirausahaan sebagai proses menciptakan hal yang berbeda (berinovasi) dengan mengerahkan seluruh waktu dan tenaga. Proses ini meliputi menanggung risiko keuangan, sosial, dan kejiwaan serta menerima balas jasa dalam bentuk uang atau bentuk kepuasan pribadi lainnya. 

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan ini dibutuhkan bukan hanya oleh pebisnis, tetapi juga semua orang. Pasalnya, semua orang perlu kemampuan untuk berinovasi mengambil risiko yang terukur guna mencapai tujuan.  

Konsep Kewirausahaan

Keterampilan kewirausahaan dibentuk oleh lima konsep. Jika Anda ingin memiliki keterampilan ini, maka bentuk dan pertajam lima konsep berikut ini. 

1. Kelincahan    

Kelincahan adalah kemampuan mengubah arah dengan cepat dan tepat saat bergerak agar bisa beradaptasi dan bertahan di segala zaman. Dengan begitu, seorang wirausaha bisa belajar hal baru dan menanggapi berbagai kondisi.  

2. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan bergerak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Dengan begitu, seorang wirausaha bisa segera menjawab tantangan dan terus melaju dengan cepat melebihi pesaing.  

3. Daya Tahan     

Daya tahan menekankan pada kapasitas kerja yang berkelanjutan. Daya tahan sangat memengaruhi proses apa pun yang sedang berjalan dalam hidup. Hanya orang-orang berdaya tahan kuat yang bisa bertahan dan bahkan terus maju di dalam era dan kondisi yang sulit. 

4. Kekuatan

Kekuatan juga harus dimiliki seorang wirausaha agar mampu mengatasi berbagai kesulitan dan tantangan. Hal ini memampukannya untuk bertahan dan memajukan dirinya sekalipun banyak hal yang merintangi. Seorang wirausaha tidak akan mundur hanya karena adanya suatu tantangan, melainkan akan segera mencari cara yang tepat untuk mengatasinya.  

5. Kelenturan

Kelenturan atau fleksibilitas adalah kemampuan menyesuaikan diri di mana pun tempatnya dan seperti apa pun kondisinya. Seorang wirausaha harus lentur atau fleksibel agar mampu memanfaatkan segala peluang dan memaksimalkan potensi ruang yang ada tanpa banyak mengeluh. 

Kesimpulannya, kewirausahaan adalah keterampilan dalam mengerahkan pikiran dan waktu untuk mencapai tujuan. Keterampilan ini dibutuhkan semua orang untuk bisa berinovasi dan mencapai tujuan dengan cepat dan tepat. 

SOUVIA