Setiap organisasi membutuhkan pemimpin yang bijaksana. Maka dari itu, jika Anda ingin menapaki jejak karier di suatu organisasi, Anda harus memmiliki kemampuan kepemimpinan. Kepemimpinan adalah kemampuan yang bisa dikembangkan. Jadi, tak perlu khawatir jika saat ini Anda belum bisa memimpin banyak orang, karena Anda bisa mengembangkannya jika memiliki niat sepenuhnya. 

Di dalam organisasi, bahkan dibutuhkan banyak pemimpin untuk setiap departemen dan tim yang ada. Hal ini bertujuan agar setiap tujuan mikro maupun makro bisa tercapai dengan tepat dan cepat. 

Kepemimpinan Adalah Kemampuan Penting yang Perlu Dikembangkan 

Menurut Sondang P. Siagian, kepemimpinan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang saat menjabat sebagai seorang pemimpin di dalam suatu organisasi. Kemampuan ini bertujuan untuk memengaruhi orang lain, terutama para anggotanya agar mereka bisa berpikir dan bertindak sesuai ketentuan tertentu untuk mencapai tujuan bersama. 

Sementara menurut Jacobs dan Jacques, kepemimpinan adalah proses memberikan arti terhadap usaha kolektif agar tercipta kesediaan dalam melakukan usaha dan mengerahkan tenaga serta waktu untuk mencapai tujuan bersama.    

Aspek Kepemimpinan 

Berdasarkan buku Manajemen Sumber Daya Manusia, Edy Sutrisno (2009), kepemimpinan dibentuk oleh tiga aspek penting.  

1. Melibatkan Orang Lain 

Seorang pemimpin harus melibatkan orang lain, yakni para pengikut atau anggota timnya dengan benar. Berikan mereka arahan yang jelas untuk mencapai tujuan bersama. Lakukan juga delegasi kepada orang yang tepat agar pekerjaan lebih cepat selesai.  

2. Mencakup Distribusi Kekuasaan

Selanjutnya, kepemimpinan juga mencakup distribusi kekuasaan kepada para anggota yang dipilih. Dengan demikian, setiap anggota yang dipilih memiliki kuasadi dalam tim tersebut, tetapi tidak lebih tinggi daripada sang pemimpin. 

3. Menggunakan Kekuasaan

Terakhir, pemimpin tentunya harus menggunakan berbagai bentuk kekuasaan untuk memengaruhi perilaku dan tindakan para anggota timnya dalam melakukan kewajiban. Namun, pemimpin tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan pemberontakan.  

Cara Mengembangkan Kepemimpinan 

Pemimpin bukan dilahirkan, melainkan dibentuk oleh keadaan dirinya sendiri. Berikut adalah cara mengembangkan kemampuan memimpin. 

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi 

Komunikasi merupakan dasar dari berbagai hubungan yang berkualitas, termasuk antara pemimpin dan anggotanya. Kemampuan ini sangat penting bagi pemimpin agar arahannya bisa ditangkap dengan benar oleh para anggota. 

Cara melatih kemampuan ini adalah dengan memperhatikan cara pemimpin lainnya berkomunikasi dan berusaha untuk memperluas pergaulan serta berlatih berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai kalangan. 

2. Berlatih Mendengar 

Pemimpin yang berkualitas mampu menjadi pendengar yang baik. Tanpa kemampuan ini, seorang pemimpin tidak akan bisa mendengar saran maupun keluhan dari para anggotanya. Padahal saran dan keluhan mereka sangat penting untuk merancang pembagian tugas dan strategi untuk mencapai tujuan bersama.    

3. Bersikap Aktif

Bersikap aktif adalah salah satu cara untuk disegani dan dihormati oleh orang lain. Sikap ini dapat dilatih dengan mulai membuka obrolan dan menawarkan bantuan kepada orang lain. Selain bersikap aktif, seorang pemimpin juga harus bersikap positif agar lingkungan sekitarnya pun terasa positif. Sebagai contoh, alih-alih menyebarkan gosip, seorang pemimpin harus mampu menyemangati para anggotanya.   

4. Berpikir Kritis 

Berikutnya, seorang pemimpin juga harus mampu berpikir kritis untuk melihat dan menangkap peluang yang ada serta mengeliminasi berbagai kesulitan yang menerjang dengan solusi yang tepat.   

5. Berinisiatif 

Cara selanjutnya untuk mengembangkan kemampuan memimpin adalah dengan berani mengambil inisiatif di berbagai kondisi, tetapi tetap dengan menyadari keterbatasan diri. Sebagai contoh, jika ada tawaran untuk menyelesaikan proyek tambahan dan sesuai dengan kemampuan, maka ambillah tawaran itu. Hal ini juga akan melatih tanggung jawab dan kemampuan mengorganisasi proyek.  

Secara singkat, kepemimpinan adalah kemampuan memengaruhi orang-orang lain untuk berpikir dan bertindak sesuai harapan dan ketentuan tertentu demi meraih tujuan bersama. Lakukan lima cara di atas untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan. 

SOUVIA