Glamping adalah kegiatan yang populer untuk menikmati wisata alam. Pasalnya kegiatan ini menawarkan model berkemah dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang ramah.  

Dengan konsep glamping ini, traveller dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam tanpa harus membawa peralatan yang banyak. Aksesnya pun mudah, sehingga glamping juga dapat dijadikan sebagai pilihan liburan keluarga tanpa khawatir ketika membawa anak-anak. 

Pengertian Glamping

Glamping adalah kata yang berasal dari dari gabungan dua kata, yakni ‘glamour’ dan ‘camping’. Glamping merujuk pada suatu bentuk perkemahan modern dengan menggabungkan esensi alam dengan adanya fasilitas yang memadai.

Bisa dikatakan glamping adalah kegiatan berkemah dengan gaya yang lebih mewah dan nyaman daripada berkemah pada umumnya. Dengan adanya glamping, traveller cukup datang dengan barang pribadi saja, karena fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap.  

Wisata glamping biasanya dilakukan di lokasi wisata alam pegunungan yang indah dan memiliki akses kendaraan yang mudah. Meskipun glamping memiliki fasilitas yang cukup, hal ini tidak mengurangi sensasi suasana alam, seperti: embun, kicauan burung, dan gemuruh air sungai yang mengalir.   

Manfaat Kegiatan Glamping

Berlibur di tempat wisata alam juga terbukti dapat menghilangkan kepenatan dan menjernihkan pikiran dari keramaian di kota. Glamping tentu menawarkan banyak manfaat bagi traveller. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat glamping bagi traveller.

1. Memberikan Kenyamanan 

Glamping umumnya telah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, termasuk tempat tidur, perabotan yang bagus, dan kamar mandi pribadi. Jadi, traveller dapat dengan nyaman berlibur tanpa memikirkan kebutuhan tersebut.  

2. Mendekatkan Diri dengan Alam 

Meskipun familier dengan kemewahan, glamping tetap memiliki esensi alam yang sangat menarik. Glamping umumnya terletak di dekat destinasi wisata alam utama yang menjadi daya tarik traveller untuk mengunjunginya.  

3. Memberi Pilihan yang Beragam 

Saat ini telah banyak tempat glamping yang dapat menjadi pilihan berwisata. Traveller dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan preferensi yang diinginkan, seperti: rumah pohon, kabin mewah, atau tenda safari. 

4. Menjamin Keamanan dan Kebersihan 

Sebagai tempat berwisata, tentu pengunjung mendapatkan keamanan dan kebersihan yang terjamin. Hal ini sebanding dengan pengeluaran yang dikeluarkan pengunjung ketika memilih tempat glamping. Wisata glamping memiliki pekerja yang akan bergantian shift bekerja selama 24 jam, sehingga dapat menambah kenyamanan pengunjung. 

5. Memfasilitasi Quality Time bersama Teman dan Keluarga

Tujuan utama berwisata tentu adalah menikmati momen kebersamaan dengan keluarga maupun teman. Tempat glamping menawarkan berbagai pilihan kegiatan yang menarik, seperti: barbeque, tur alam, dan hiking. 

Tips Memilih Tempat Glamping

Pemilihan tempat glamping perlu disesuaikan dengan tujuan dan destinasi yang ingin dinikmati. Berikut adalah sejumlah tips memilih tempat glamping yang dapat dijadikan bahan pertimbangan traveller.  

1. Pertimbangkan Lokasi Glamping

Pemilihan lokasi glamping harus disesuaikan dengan preferensi traveller. Traveller perlu menentukan apakah ingin berlibur di pegunungan, tepi danau, hutan, atau pantai. Selain itu, traveller juga perlu memilih tempat glamping dengan pemandangan alam yang menarik.

2. Cek Fasilitas yang Disediakan

Cek juga fasilitas apa saja yang disediakan pihak glamping agar tidak perlu membawa barang yang sudah disediakan dan bisa membawa barang yang tidak disediakan.   

3. Baca Ulasan dan Rekomendasi

Untuk memilih tempat glamping yang menarik, traveller dapat mencari ulasan dari internet agar mendapatkan gambaran tentang pengalaman mereka di tempat tersebut. Ulasan itu dapat memberikan gambaran tentang kualitas layanan, kebersihan, dan pengalaman secara menyeluruh. 

4. Periksa Ketersediaan Aktivitas

Periksa juga aktivitas yang ditawarkan oleh tempat glamping kepada pengunjungnya. Pastikan aktivitas yang diberikan dapat memenuhi keinginan dan memberikan pengalaman yang menarik, sehingga dapat menikmati liburan dengan maksimal. 

Glamping dapat menjadi pilihan populer bagi traveller yang ingin melakukan wisata dengan nyaman. Glamping adalah tempat penginapan yang memberikan traveller pengalaman yang memuaskan dan tidak terlupakan. Ikuti deretan tips di atas untuk memilih tempat glamping yang tepat.  

SOUVIA