Sebelum bepergian, penting untuk memilih ukuran koper yang tepat. Dengan begitu, Anda akan bisa membawa barang bawaan yang cukup dan terhindar dari situasi overload

Berdasarkan ukurannya, koper terbagi menjadi beberapa jenis. Selain memilih ukuran yang sesuai, pilih juga koper dengan pengamanan yang baik dengan kunci Travel Sentry Approved (TSA) dan kombinasi angka.   

Panduan tentang Ukuran Koper 

Berikut adalah berbagai jenis ukuran koper yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan masing-masing. 

1. Koper Kabin 

Koper kabin adalah koper berukuran kecil yang bisa dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Jenis koper ini terbagi lagi ke dalam tiga ukuran: 

  • Koper 16 inci: 30 x 17 x 47 cm. Umumnya, koper ini digunakan untuk perjalanan singkat (2-3 hari) dengan low cost carrier
  • Koper 18 inci: 33 x 20 x 43 cm. Koper ini biasa digunakan untuk perjalanan 4-5 hari.       
  • Koper 20 inci: 37 x 32 x 56 cm. Koper ini cocok untuk perjalanan 7 hari.  

2. Koper Medium

Selanjutnya, ada koper medium yang juga disebut sebagai koper sedang. Peraturan maskapai yang cukup beragam membuat jenis terkecil dari koper ini bisa masuk ke kabin beberapa maskapai. Namun, umumnya, koper ini harus masuk ke bagasi pesawat. Berikut adalah berbagai ukurannya: 

  • Koper 22 inci: 38 x 22 x 58 cm. Beberapa maskapai mengizinkan koper ini untuk masuk ke kabin penerbangan domestik. 
  • Koper 24 inci: 43 x 23 x 63 cm. Lain halnya dengan koper 22 inci, koper 24 inci tidak bisa masuk kabin sama sekali. Koper ini mampu menampung bobot 26 kg, sehingga cocok untuk perjalanan 2 minggu. 

3. Koper Besar     

Terakhir, ada ukuran koper besar yang terbagi ke dalam dua jenis, yakni: 

  • Koper 28 inci: 47 x 32 x 73 cm. Koper ini mampu menampung bobot 35 kg dan setinggi pinggang orang dewasa. Koper ini juga cukup mudah ditemukan dan cocok untuk perjalanan tiga-empat minggu. 
  • Koper 32 inci: 51 x 35 x 81 cm. Karena ukurannya yang sangat besar, tidak banyak yang menjual koper ini. Meski demikian, koper ini mampu menampung bobot 45 kg, sehingga cocok untuk perjalanan satu bulan.            

Tips Membeli Koper  

Berikut adalah sejumpah tips untuk membeli koper sesuai kebutuhan dan tipe perjalanan. 

1. Pilih Material yang Tepat

Berdasarkan materialnya, koper terbagi menjadi dua jenis, yakni softcase dan hardcase. Koper softcase lebih ringan, tetapi cenderung ringkih, sehingga cocok untuk perjalanan singkat. Sementara koper hardcase lebih berat, tetapi lebih kuat, karena berbahan dasar polycarbonate.      

2. Pilih Ukuran yang Tepat 

Pilih ukuran koper yang tepat sesuai dengan panduan di atas agar bisa menampung barang-barang bawaan Anda. Perhatikan juga berat maksimum yang ditentukan maskapai agar Anda terhindar dari denda kelebihan berat koper. 

3. Pilih Koper yang Aman       

Disarankan untuk memilih koper dengan roda empat, karena lebih mudah digerakkan. Selain itu, pilih juga koper dengan kunci TSA yang memenuhi standar keamanan internasional.  

4. Beli di Toko yang Kredibel

Jika ini kali pertama Anda membeli koper, disarankan untuk membeli koper di toko resmi dari merek koper. 

Namun, jika sudah pernah membeli koper sebelumnya, maka Anda bisa membeli koper di toko lain. Pastikan kredibilitasnya dengan mengecek ulasan online terkait toko tersebut dan teliti koper dengan saksama. 

Setelah mengetahui ukuran koper di atas, silakan pilih yang sesuai kebutuhan dan beli di toko yang kredibel.

SOUVIA