Referensi contoh kata sambutan pembukaan acara kerap dibutuhkan dalam pembuatan teks sambutan agar dapat mewakili isi acara. Kata sambutan sering dilakukan oleh ketua event, pemilik atau petinggi maupun seseorang dengan jabatan tertentu.  

Sambutan ini umumnya berisi esensi acara yang dihadiri, tujuan acara itu diselenggarakan, dan harapan melalui terselenggaranya acara tersebut.  

Kata Sambutan Pembukaan Acara

Berikut adalah beberapa contoh kata sambutan pembukaan acara yang dapat dijadikan sebagai referensi.   

1. Kata Sambutan untuk Acara Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh guru dan wali murid yang telah berkenan hadir di acara pagi hari ini. Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait atas terselenggaranya acara perpisahan sekaligus momen wisuda ini. 

Tiga tahun telah dilewati. Tak terasa seperti halnya baru kemarin anak-anak dititipkan di sekolah ini untuk dibimbing dan menuntut ilmu. Saya pribadi mewakili bapak ibu guru mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada sekolah kami. 

Kami juga memohon maaf apabila selama kebersamaan tiga tahun ini ada hal-hal yang kurang berkenan bagi bapak ibu semua. Harapan kami, kiranya bapak ibu semua berbesar hati menerima segala kurangnya dan berkenan menyampaikan serta mengkombinasikan kepada kami secara langsung agar bisa menjadi bahan evaluasi ke depannya. 

Akhirnya, saya ucapkan selamat kepada anak-anak, para siswa kelas 12. Ini bukanlah akhir melainkan awal yang baru menuju jenjang kehidupan berikutnya. Selamat menempuh pendidikan selanjutnya. Semoga sukses dalam setiap perjalanan Anda semua.  

Saya akhiri, 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

2. Kata Sambutan Ketua Panitia Acara Dies Natalies

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 5 Sidoarjo. Yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan staff karyawan serta teman-teman yang saya sayangi. 

Pada hari ini izinkan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dari semua pihak terkait sehingga acara ini dapat terselenggara. Terima kasih kepada rekan panitia yang meluangkan waktu dan tenaganya serta seluruh sponsor yang mendukung acara ini.   

Semoga adanya acara ini semakin bisa menumbuhkan rasa bangga dan cinta kepada sekolah, sehingga kita bisa selalu memberikan yang terbaik demi masa depan kita semua dan tentunya mengharumkan nama sekolah. Semoga ini menjadi kenangan manis di antara teman-teman hingga bertahun-tahun ke depan. 

Mewakili rekan-rekan panitia saya juga memohon maaf apabila ada kekurangan serta hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu Guru serta teman teman semua baik selama persiapan hingga acara ini berlangsung. 

Saya akhiri, 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Dua contoh kata sambutan pembukaan acara di atas bisa dijadikan sebagai referensi. Hal yang utama dalam penyampaian sambutan adalah ucapan terima kasih, permohonan maaf, serta penyampaian tujuan dan esensi dari acara yang berlangsung.  

SOUVIA