Pesawat merupakan pilihan transportasi umum yang dapat memberikan pengalaman perjalanan jarak jauh dengan cepat dan mengesankan. Bagi orang yang belum pernah baik pesawat, penting untuk mengetahui cara naik pesawat pertama kali agar tidak keliru.   

Sebagai informasi, mengutip dari Indonesian National Air Carriers Association (INACA), transportasi udara merupakan model transportasi yang paling aman jika dibandingkan dengan transportasi lain. Rasio jumlah kecelakaan yang melibatkan pesawat terbang sangat kecil dibandingkan kendaraan lain. 

Hal ini disebabkan oleh canggihnya teknologi pada pesawat modern dan adanya sistem keselamatan ganda pada pesawat. Jadi, masyarakat yang ingin berpergian jauh tidak perlu lagi ragu akan keselamatan.    

Cara Naik Pesawat Pertama Kali

Berikut adalah cara naik pesawat pertama kali yang perlu dipahami dan diingat–ingat oleh calon penumpang.  

1. Pesan Tiket sebelum Keberangkatan

Saat ini telah banyak platform yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat secara online. Beberapa contohnya: Tiket.com, Agoda, dan Traveloka. 

Apabila tidak memahami proses pembelian tiket online, maka kunjungi tempat penjualan tiket pesawat terdekat dari rumah, sehingga tidak perlu langsung datang ke bandara untuk membeli tiket. Dianjurkan untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal penerbangan guna mengantisipasi kehabisan tiket. 

2. Lakukan Check-in 

Pada tanggal penerbangan, penumpang dianjurkan untuk datang setidaknya 1 jam sebelum penerbangan domestik dan 2 jam sebelum penerbangan internasional untuk melakukan check-in. 

Proses check-in juga dapat dilakukan secara online sebelum datang di bandara jika tidak membawa bagasi. Penumpang yang membawa bagasi tetap harus mendaftarkan bagasi di loket check-in. Bawa berbagai dokumen yang diperlukan, seperti paspor (untuk penerbangan internasional), tiket pesawat, dan KTP. Nantinya penumpang akan mendapatkan boarding pass untuk melewati gerbang keberangkatan.  

3. Persiapkan Bagasi

Setelah melakukan check-in, penumpang diarahkan untuk melakukan penimbangan bagasi. Pastikan untuk memahami aturan bagasi yang berlaku, baik untuk bagasi tercatat maupun bagasi kabin. Dianjurkan untuk menimbang sendiri terlebih dahulu di rumah dengan memeriksa berat dan dimensi bagasi. 

Setelah itu, akan ada pemeriksaan untuk memastikan bahwa penumpang tidak membawa barang atau senjata berbahaya yang dapat membahayakan pengunjung lainnya selama pernerbangan berlangsung.  

4. Pergi ke Gerbang Keberangkatan 

Usai pengecekan, ikuti petunjuk untuk menuju ke gerbang keberangkatan yang sesuai dengan boarding pass. Informasi terkait gerbang keberangkatan juga dapat dilihat di layar monitor. 

5. Naik Pesawat

Setelah dipersilakan untuk naik pesawat, maka ikuti petunjuk dari petugas untuk naik ke pesawat. Utamakan budaya mengantre dan tidak berebut untuk terlebih dahulu masuk. 

6. Mencari Tempat Duduk

Saat sudah berada di pesawat, segera cari tempat duduk yang sesuai dengan yang tertera di boarding pass. Nomor tempat duduk bisa dilihat di bagian atas tempat duduk. Pastikan untuk menduduki tempat yang sesuai. Jika bingung, tanyakan kepada pramugara atau pramugari terdekat.  

7. Patuhi Instruksi selama Penerbangan 

Selama penerbangan, patuhi instruksi yang telah dijelaskan oleh para petugas sebelumnya. Tetap jaga kenyamanan, baik untuk diri sendiri maupun penumpang lainnya yang ada di pesawat. Jika pesawat menyediakan makanan, maka makanlah dengan tenang dan tetap jaga kebersihan. 

8. Keluar dari Pesawat saat Mendarat

Ketika pesawat sudah mendarat, ikuti petunjuk untuk keluar dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal di dalam pesawat. Pastikan untuk mengambil tas dan bagasi yang benar sesuai dengan tag pengenal yang diberikan oleh maskapai.

Itulah informasi seputar cara naik pesawat pertama kali. Dengan mematuhi prosedur dan mempersiapkan diri dengan baik, penumpang dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan mengesankan. 

SOUVIA