Resleting merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah tas dan tak jarang mendadak rusak atau lepas dari tempatnya. Biasanya hal ini dapat terjadi karena beban yang berat saat terlalu banyak barang yang dimasukkan dalam tas. Cara memasang resleting tas yang lepas ini dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tak perlu membawanya ke tukang jahit.

Masalah resleting tas yang lepas dapat terjadi pada siapa saja. Selain karena kelebihan beban, hal ini juga dapat terjadi karena resleting menyangkut pada sesuatu atau benang dan gigi logamnya yang aus atau patah. 

Cara Memasang Resleting Tas yang Lepas

Cara memasang resleting tas yang lepas dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa alat yang perlu disiapkan adalah gunting, jarum, dan benang. 

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menggunting ujung bagian dari resleting. Hal ini dilakukan agar setelahnya resleting yang lepas dapat dipasang kembali dengan mudah. 

Langkah Kedua

Langkah kedua adalah memasukkan kembali kepala resleting yang sudah lepas melalui ujung resleting yang telah dipotong sebelumnya. Perlu dipastikan bahwa dua ujung resleting harus sejajar, kemudian tarik kepala resleting tersebut hingga tas kembali menutup. 

Langkah Ketiga

Setelah langkah di atas dilakukan, langkah terakhir adalah menjahit kain resleting. Gunakanlah jarum dan benang jahit sesuai dengan warna kain bekas guntingan di ujung resleting. Pastikan untuk menjahit bagian tersebut dengan kuat agar jahitan tidak robek.

Tips Menjaga dan Merawat Resleting Tas

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat resleting tas agar awet dan tidak cepat rusak:

  • Jangan menarik resleting tas dengan terlalu kuat dan memaksa. Resleting yang ditarik terlalu kencang dapat menyebabkannya cepat rusak dan logam menjadi aus. Jangan terburu-buru dan usahakan menarik resleting dengan pelan dan penuh kelembutan. 
  • Jika terdapat dua kepala atau dua gagang resleting, tariklah sampai ke ujung. Sebagian tas memiliki dua kepala resleting. Terkadang  ketika membuka tas dengan dua kepala ini, orang tidak membukanya secara penuh sampai ujung, bahkan hanya setengah. Hal inilah yang menyebabkan resleting cepat rusak. Jadi, usahakanlah untuk menarik resleting tas hingga ke ujung. 
  • Jika resleting tas mengalami kemacetan, jangan pernah memaksakannya dengan kuat. Hal tersebut hanya akan membuat resleting cepat rusak. Gunakanlah cairan, seperti minyak kayu putih atau lilin yang dapat diusap pada resleting tas dan cobalah perlahan untuk membukanya. 
  • Jangan memaksakan barang atau benda yang tidak muat di dalam tas. Ketahuilah kapasitas tas yang dimiliki agar dapat memastikan barang apa saja yang muat dan masuk dalam tas. Memaksakan untuk memasukkan barang yang terlalu besar hanya akan menghancurkan tas.

Demikianlah cara memasang resleting tas yang lepas dengan mudah yang dapat dilakukan sendiri. Jagalah selalu barang yang dimiliki agar mampu bertahan lama.  

SOUVIA