Di dalam berbagai jenis bisnis, branding adalah kunci kesuksesan utama, terutama di dalam era persaingan yang sangat tinggi di masa kini akibat globalisasi. Maka dari itu, setiap pelaku bisnis harus mengetahui elemen dan tips untuk melakukan branding dengan tepat. 

Pembentukan dan pelaksanaan strategi branding yang tepat akan membuat bisnis lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan produk atau jasa yang ditawarkan akan diingat oleh banyak orang.  

Branding Adalah Kunci Bisnis 

Branding adalah semua kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk membangun, memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand. Brand sendiri merupakan karakteristik dan istilah yang membedakan dirinya dengan brand yang lain.  

Branding bertujuan utama untuk memberikan perspektif tertentu kepada masyarakat luas agar memiliki pandangan tertentu terhadap suatu bisnis. Oleh karena itu, penting untuk menentukan strategi branding yang tepat.  

Tujuan Branding 

Setiap hal yang dilakukan untuk branding bertujuan untuk membangun citra positif dan kuat, sehingga meningkatkan kesadaran publik akan suatu bisnis. 

1. Meningkatkan Kesadaran  

Branding bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap suatu bisnis (brand awareness). Dengan demikian, publik akan mengenal dan mengingat brand tersebut di industri terkait.    

2. Membangun Keunikan  

Selanjutnya, branding juga membantu bisnis untuk menjadi unik, sehingga berbeda dengan para pesaingnya. Hal ini akan memudahkan publik untuk mengidentifikasi suatu bisnis.  

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

Berikutnya, branding juga bermanfaat untuk membangun hubungan emosional dengan para pelanggan. Hal ini tentu dapat mempertahankan loyalitas para pelanggan.  

4. Mendorong Keputusan Pembelian 

Branding yang tepat juga mampu memengaruhi dan mendorong para calon konsumen untuk memutuskan pembelian lewat citra yang kuat dan positif.    

Elemen dalam Branding  

Terdapat banyak elemen yang bisa membentuk strategi branding yang tepat. Berikut adalah berbagai elemen tersebut. 

1. Nama 

Nama merupakan elemen yang paling mendasar dan penting dari sebuah bisnis. Elemen ini harus mampu mencerminkan nilai dan identitas bisnis tersebut.  

2. Warna  

Warna juga sering dikaitkan dengan suatu brand. Maka dari itu, penting untuk menentukan palet warna yang akan sering digunakan di dalam desain logo, kemasan produk, dam berbagai materi pemasaran. Warna ini harus didasarkan pada tujuan dan identitas brand

3. Logo 

Logo adalah perwakilan visual dari suatu brand, karena merupakan perpaduan dari simbol, gambar, dan teks yang mudah diingat.  

4. Slogan  

Slogan adalah frasa singkat untuk mengomunikasikan pesan kunci, sehingga akan sering digunakan di dalam kampanye iklan. Dibutuhkan slogan yang kuat untuk meningkatkan kesan yang baik pada brand

Tips Menentukan Strategi Branding 

Berikut adalah berbagai tips untuk menyusun strategi branding untuk memperkuat citra perusahaan.   

1. Pahami Target Pasar 

Pertama, kenali siapa target pasar Anda. Pelajari kebutuhan dan preferensi target pasar Anda agar dapat merancang strategi branding dan pengembangan produk yang lebih efektif.    

2. Tentukan Nilai  

Selanjutnya, tentukan nilai dan keunikan yang membedakan diri Anda dari pesaing, termasuk nilai dan manfaat yang Anda tawarkan kepada para calon konsumen dan pelanggan. 

3. Komunikasikan Brand dengan Jelas

Berikutnya, buat pesan utama yang jelas dan komunikasikan dengan cara yang mudah dipahami calon konsumen. Disarankan untuk berkomunikasi lewat cerita agar bisa menonjolkan nilai, misi, dan budaya perusahaan serta menciptakan ikatan emosional dengan publik. Pastikan juga untuk bersikap konsisten agar brand Anda lebih mudah diingat. 

Kesimpulannya, branding adalah kunci kesuksesan bisnis. Perhatikan berbagai elemen di atas dan lakukan tips di atas demi kesuksesan bisnis. 

SOUVIA