Bahan sintetis adalah jenis bahan yang banyak digunakan dalam berbagai industri. Bahan ini memiliki tampilan yang mirip dengan karakteristik serat alami, sehingga membuat produk yang dihasilkan tampak terbuat dari serat alami.

Walau sekilas bahan sintetis menyerupai erat alami, tetapi tetap ada perbedaan dengan bahan aslinya. Jenis bahan ini juga sudah umum digunakan di berbagai bidang, karena memiliki sejumlah kelebihan yang lebih menguntungkan..

Bahan Sintetis Adalah Jenis yang Bagus, Ini Karakteristiknya

Bahan sintetis adalah bahan yang terbuat dari serat sintetis yang berasal dari minyak bumi, bukan dari sumber alami seperti tanaman atau hewan. Umumnya bahan sintetis ini terbuat dari polimer, seperti: polikarbonat, poliuretan, nilon, dan lainnya.

Sejumlah karakteristik dari bahan sintetis bisa jadi pembeda dari jenis bahan lainnya. Hal ini membuat bahan sintetis lebih mudah dikenali pada produk fashion. Berikut adalah karakteristik dari bahan ini.

1. Lebih Tahan Lama

Karakteristik pertama yang menjadi salah satu nilai tambah adalah bahan sintetis lebih tahan lama. Biasanya bahan sintetis tahan terhadap berbagai kondisi cuaca dan lingkungan yang ekstrem.

Hal ini tentu menjadi kelebihan dalam penggunaan bahan sintetis, karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Contohnya dalam penggunaan bahan plastik pada tas hingga peralatan rumah tangga.

2. Tidak Alami

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan sintetis merupakan bahan tidak alami. Pasalnya, bahan sintetis dibuat dan diolah oleh manusia, bukan ditemukan secara alami.

Tidak hanya itu, bahan sintetis juga bisa memiliki dampak bagi lingkungan. Contohnya seperti penggunaan bahan plastik yang bisa mencemari lingkungan akibat sulit untuk didaur ulang dan tidak dapat terurai secara alami.

3. Mudah Dibersihkan

Bahan sintetis menjadi salah satu jenis bahan yang mudah untuk dibersihkan. Bahan dengan jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga tidak sulit untuk membersihkannya apabila kotor.

Jadi jika terdapat produk berbahan sintetis, Anda tidak perlu kesulitan untuk merawat produk tersebut. Hal ini pun menjadi salah satu kelebihan dari bahan sintetis.

4. Bentuk yang Mudah Diubah

Karakteristik lain dari bahan sintetis adalah bentuk yang dapat diubah dengan mudah. Sebagai bahan yang dibuat oleh manusia, bahan sintetis termasuk ke dalam bahan yang mudah dibentuk dan diproduksi ke dalam berbagai ukuran.

Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan dari bahan sintetis. Sebab, bahan ini bisa diolah secara massal dengan teknologi. Hal ini membuat proses produksi jadi lebih efisien.  

Contoh Produk dari Bahan Sintetis

Sebagai jenis bahan yang sudah umum digunakan, bahan sintetis bisa dengan mudah ditemukan di berbagai produk. Mulai dari bidang fashion seperti pakaian, aksesori, dan berbagai benda lainnya. Untuk lebih mengetahui apa saja produk yang terbuat dari bahan sintetis, simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Tas

Banyak tas terbuat dari bahan yang tahan air untuk menjaganya lebih tahan lama tanpa perawatan yang menyulitkan. Biasanya tas yang tahan air ini dibuat dari bahan sintetis, seperti polyester.

2. Jaket

Jaket adalah salah satu produk fashion yang kerap dibuat dari bahan sintetis. Umumnya bahan sintetis seperti polyester menjadi bahan populer dalam produksi jaket. Bahan ini mampu menahan angin dengan baik bahkan bisa menahan air.

3. Sepatu

Dapat dibuat dari berbagai bahan, sepatu menjadi produk lainnya yang bisa dibuat dari bahan sintetis. Kebanyakan sepatu outdoor dibuat dari bahan sintetis ini, seperti bahan phylon. Bahan phylon memiliki kemampuan kedap air yang baik dan ringan untuk dijadikan sepatu.

4. Pakaian Renang

Produk lainnya yang kerap terbuat dari bahan sintetis adalah pakaian renang. Pakaian yang tahan air ini biasanya dibuat dari bahan spandex atau polyester. Kedua bahan tersebut tahan terhadap air dan lebih cepat kering dibandingkan jenis bahan lainnya.

Kesimpulannya, bahan sintetis adalah jenis bahan yang banyak dipakai di berbagai bidang industri. Informasi di atas bisa menambah wawasan Anda, khususnya mengenai jenis bahan yang umum digunakan dalam berbagai bidang industri.

SOUVIA