Souvenir merupakan kata yang akrab terdengar di telinga masyarakat luas. Namun, masih ada yang bingung dan bertanya apa yang dimaksud dengan souvenir. 

Souvenir sering diberikan pada akhir dari acara spesial, seperti: pernikahan dan ulang tahun. Untuk memahami apa itu souvenir, jenis, fungsi, dan tips memilihnya, simak penjelasan di bawah ini.    

Apa yang Dimaksud dengan Souvenir? 

Apa yang dimaksud dengan souvenir? Kata ‘souvenir’ berasal dari bahasa Prancis yang berarti ‘mengingat’. Jadi, souvenir merupakan simbol pengingat akan suatu pengalaman atau momen spesial yang pernah dilalui. Souvenir juga dapat menjadi bukti bahwa seseorang pernah mengunjungi suatu tempat atau menghadiri suatu acara.  

Jenis-Jenis Souvenir 

Souvenir dapat dikategorikan berdasarkan beberapa aspek, antara lain:

1. Fungsi

Souvenir fungsional seperti alat tulis, botol minum, atau handuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara souvenir non-fungsional seperti miniatur, gantungan kunci, atau dekorasi memiliki nilai estetika dan kenangan, sehingga dapat dijadikan sebagai pajangan. 

2. Bahan

Souvenir dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti: kayu, logam, plastik, kain, atau keramik. Bahan yang digunakan dapat memengaruhi harga, kualitas, dan daya tahan souvenir.

3. Tempat asal

Souvenir khas daerah atau negara tertentu sering memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Souvenir ini dapat menjadi simbol identitas dan budaya suatu tempat. Sebagai contoh, souvenir asal Jawa Timur didominasi kain batik.  

Fungsi Souvenir 

Souvenir bukan hanya benda biasa, tetapi memiliki beberapa fungsi penting, antara lain: 

1. Pengingat

Souvenir membantu untuk mengingat momen spesial, tempat yang pernah dikunjungi, atau orang yang pernah ditemui.

2. Simbol

Souvenir dapat menjadi simbol identitas, budaya, atau sejarah suatu tempat. 

3. Hadiah atau Tanda Terima Kasih 

Souvenir dapat menjadi hadiah personal atau tanda terima kasih yang berkesan untuk penerimanya.  

4. Koleksi

Bagi sebagian orang, mengoleksi souvenir dapat menjadi hobi yang menarik dan menyenangkan.

5. Bukti

Souvenir dapat menjadi bukti konkret bahwa seseorang pernah mengunjungi suatu tempat atau menghadiri suatu acara. 

6. Media Promosi

Souvenir dapat digunakan sebagai media promosi untuk suatu tempat wisata atau perusahaan. 

Tips Memilih Souvenir

Memilih souvenir yang tepat dapat menjadi hal yang membingungkan. Oleh karena itu, simak beberapa tips berikut ini untuk membantu dalam menentukan souvernir yang tepat. 

1. Sesuaikan dengan Anggaran

Souvenir tersedia dalam berbagai kisaran harga. Pilihlah souvenir yang sesuai dengan anggaran yang tersedia. 

2. Kualitas

Pilihlah souvenir yang terbuat dari bahan yang berkualitas baik dan tahan lama. Sebagai contoh, dalam pembuatan souvenir berupa tas atau pouch, disarankan untuk memilih bahan kanvas karena awet dan dapat dirawat dengan mudah. 

3. Keunikan

Pilihlah souvenir yang unik dan khas dari tempat wisata yang dikunjungi (jika sedang berlibur). Sebagai contoh, saat berkunjung ke Bali, alih-alih membeli souvenir berupa gantungan kunci, lebih baik membeli tas anyaman yang tentunya amat bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari. 

4. Manfaat

Pilihlah souvenir yang memiliki manfaat penting, sehingga dapat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Preferensi

Pilihlah benda yang sesuai dengan preferensi dari orang yang akan diberikan souvenir itu. 

Demikian informasi lengkap tentang apa yang dimaksud dengan souvenir. Souvenir bukan hanya benda kecil, tetapi pengingat akan kenangan indah. Pilihlah souvenir yang tepat untuk menciptakan momen yang tak terlupakan. 

SOUVIA