Ketika berkunjung ke suatu perusahaan atau event, tentu tidak asing melihat orang yang memakai tanda pengenal alias name tag. Namun, tak sedikit yang belum tahu apa itu name tag dan fungsinya. 

Mengutip dari collinsdictionary.com, name tag adalah tanda pengenal atau label yang menunjukkan nama seseorang, yang biasanya ditempelkan pada pakaian atau dikenakan di leher.   

Definisi Name Tag

Apa itu name tag? Name tag adalah identitas yang umum dipakai dalam berbagai instansi perusahaan. Umumnya name tag berbentuk pin yang dipakai di pakaian atau gantungan yang dikalungkan di leher pemakainya. 

Name tag biasanya berisi identitas pemiliknya, seperti nama dan jabatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengenali karyawan satu sama lain. Setiap perusahaan juga bisa memiliki desain dan ketentuan name tag yang berbeda-beda.

Di dalam sebuah event, name tag juga menunjukkan nama acara yang sedang dilaksanakan. Desain name tag yang digunakan untuk event dibuat lebih menarik untuk menunjukkan tema dari event tersebut.

Name tag memiliki berbagai jenis yang dapat dibedakan dari bahannya, yaitu name tag kertas, name tag plastik, name tag logam, name tag kain, name tag magnetik, name tag digital, dan name tag tempel.

Fungsi Name Tag

Pada dasarnya, name tag digunakan untuk mengenali panitia atau pekerja dari sebuah perusahaan. Namun, sebenarnya fungsi name tag sangat luas dan beragam. 

1. Sebagai Identitas Diri

Tujuan utama pemakaian name tag adalah agar orang lain dapat mengenali siapa orang yang sedang diajak berkomunikasi. Hal ini sangat penting ketika mengunjungi sebuah acara besar atau perusahaan yang memiliki banyak karyawan.   

2. Menunjukkan Profesionalisme 

Ketika memakai name tag, seseorang dapat menegaskan identitas dan posisinya dalam sebuah perusahaan atau event. Penggunaan name tag sangat membantu dalam menunjukkan kesan profesionalisme dan keteraturan ketika melakukan interaksi sosial.  

3. Sarana untuk Branding dan Promosi

Name tag disertai logo dan nama perusahaan atau event terkait. Hal ini juga dapat digunakan sebagai ajang untuk melakukan promosi dan memperkenalkan produk kepada pengunjung.  

4. Memudahkan dalam Melayani Pengunjung 

Ketika pekerja memakai name tag, hal ini dapat membantu pengunjung untuk mengenalinya, sehingga dapat memudahkan interaksi. Hal ini dapat memengaruhi kesan dan kepuasan pengunjung terhadap pelayanan yang diberikan.   

5. Meningkatkan Keamanan dan Pengawasan

Di tempat tertentu, seperti perusahaan, sekolah, dan acara publik, name tag membantu dalam meningkatkan keamanan dan pengawasan. Penggunaan name tag dapat memudahkan staf keamanan dalam mengidentidikasi orang yang tidak dikenal.

Itulah penjelasan terkait apa itu name tag dan fungsinya. Name tag terkesan sederhana, tetapi memiliki fungsi yang sangat penting dalam memfasilitasi komunikasi dan interaksi antarindividu dalam berbagai kegiatan baik formal maupun semiformal. 

SOUVIA