Membawa pulang oleh-oleh usai berlibur merupakan budaya yang dijunjung banyak orang Indonesia. Jika Anda akan bepergian ke Australia, maka Anda perlu mengetahui dan memilih oleh-oleh khas Australia untuk dibawa pulang.  

Australia yang dijuluki Negeri Kanguru memang memiliki berbagai objek wisata yang menarik. Sebut saja Sydney Opera House, Caversham Wildlife Park, Royal Botanic Gardens Victoria, Adelaide Gaol, dan masih banyak lagi. 

Oleh-Oleh Khas Australia

Berikut adalah berbagai oleh-oleh khas Australia yang bisa dibawa pulang untuk orang-orang terkasih. 

1. Boneka Koala, Kanguru, dan Quokka

Australia memang kaya akan berbagai hewan lucu yang menggemaskan, seperti koala, kanguru, dan quokka. Jadi, boneka hewan-hewan lucu ini adalah pilihan oleh-oleh yang tepat, terutama untuk anak-anak atau teman yang menyukai hewan lucu. 

2. Madu Manuka 

Madu manuka ini sangat unik karena mengandung antibakterial yang lebih tinggi dan dihasilkan lebah yang menghisap nektar dari bunga manuka. Oleh karena itu, madu ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Mulai dari mengobati sakit tenggorokan, mencegah kerusakan gigi, hingga menyembuhkan luka. 

3. Haigh’s Chocolate 

Jika Anda, teman, atau keluarga Anda merupakan pencinta cokelat, maka cokelat legendaris yang satu ini adalah oleh-oleh yang tepat. Cokelat yang sudah ada sejak tahun 1915 ini tak perlu diragukan lagi rasa dan kualitasnya. Terdapat berbagai varian, seperti milk mango, peach, kacang, dan apricot.  

4. Wine 

Beberapa kawasan di Australia terkenal sebagai penghasil anggur yang berkualitas, terutama Melbourne dan Sydney. Salah satunya adalah Shiraz. Jika Anda tidak sempat membeli wine di toko anggur, maka Anda bisa membelinya di duty free shop yang ada di bandara.  

5. Kacang Macadamia 

Australia merupakan negara penghasil kacang macadamia terbesar. Kelezatan dan manfaatnya untuk kesehatan setara dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kacang ini. Selain rasa original, ada berbagai varian, seperti: chocolate, lemon, sweet chilli, dan honey.  

6. Tim Tam 

Tim Tam memaang tersedia di Indonesia, tetapi variannya masih terbatas. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Australia selaku negara asal Tim Tam, maka silakan borong varian yang belum ada di Indonesia. Contohnya: Tim Tam rasa toffee apple, mangga, dan black forest.  

7. Vegemite

Vegemite adalah selai khas Australia dengan cita rasa gurih yang cocok sebagai olesan roti. Selai ini terbuat dari rempah, ragi, dan sayuran, sehingga menyuguhkan rasa asin yang unik.   

8. Bumerang 

Bumerang merupakan senjata tradisional Australia dengan bentuk unik yang dilindungi oleh UNESCO. Bumerang tiruan bisa dibawa pulang sebagai pajangan yang unik di rumah.  

Itulah berbagai oleh-oleh khas Australia yang bisa dibawa pulang untuk teman dan keluarga tercinta maupun sebagai kenang-kenangan untuk diri sendiri. Silakan pilih yang terbaik sesuai preferensi Anda dan orang-orang tercinta.  

SOUVIA