Banyak orang yang masih menganggap name tag dan ID card itu sama. Namun, terdapat perbedaan name tag dan ID card dari berbagai segi.

Name tag dan ID card pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tanda pengenal untuk menunjukkan identitas seseorang. Tujuan penggunaan keduanya adalah untuk membantu mengenali orang lain dalam suatu acara.

Namun, meskipun terlihat hampir sama, name tag dan ID card memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Name tag terkesan lebih sederhana, sedangkan ID card menunjukkan informasi yang lebih kompleks.

Perbedaan Name Tag dan ID Card

Berikut adalah berbagai perbedaan name tag dan ID card yang perlu diketahui agar tidak keliru lagi.  

1. Fungsi

  • Name tag menunjukkan nama seseorang dan beberapa informasi lain, seperti jabatan, yang bertujuan untuk memudahkan interaksi dalam acara besar atau konferensi.
  • ID card biasanya menunjukkan informasi yang lebih kompleks, seperti: nama, jabatan, perusahaan, foto, dan lain sebagainya. ID card digunakan untuk memudahkan proses akses berbagai informasi yang bersifat rahasia bagi perusahaan.

2. Desain dan Bahan

  • Name tag umumnya memiliki desain yang lebih sederhana. Bentuknya berupa kartu kecil atau badge yang menunjukkan nama dan jabatan. Name tag pun terbuat dari bahan yang ringan, seperti: plastik, kertas, atau logam.
  • Sementara ID card didesain lebih formal dengan informasi yang lebih rinci. Terkadang bahkan menampilkan elemen keamanan, seperti: barcode untuk mengakses data atau ruangan tertentu. Oleh karena itu, ID card terbuat dari bahan yang lebih kuat dan tahan lama, seperti PVC.

3. Keamanan

  • Name tag dibuat untuk memudahkan proses identifikasi seseorang, sehingga tidak memiliki fitur keamanan khusus, seperti chip atau barcode.
  • ID card sering dilengkapi elemen kemanan, misalnya: foto, chipbarcode, atau hologram yang dapat digunakan untuk verifikasi identitas dan kontrol untuk data atau ruangan tertentu.  

4. Penggunaan

  • Name tag dipakai untuk acara, konferensi, sehingga berfungsi untuk membantu proses interaksi satu sama lain. Dengan demikian, name tag juga dapat digunakan sebagai alat branding.
  • ID card umumnya dipakai di dalam lingkungan perusahaan atau lembaga pemerintahan, yang memerlukan proses identifikasi secara formal. 

5. Kemudahan dan Fleksibilitas

  • Name tag memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi, sehingga mudah digunakan dan diganti. Desain name tag dapat disesuaikan dengan acara yang sedang berlangsung.
  • ID card memiliki fleksibilitas yang lebih rendah, karena berfungsi secara resmi dan sebagai alat untuk kontrol akses perusahaan dalam jangka panjang. Jadi, membutuhkan waktu perubahan dan penyesuaian yang lebih lama.

6. Ketahanan

  • Name tag tidak dirancang untuk mampu bertahan dalam jangka panjang, karena hanya berfungsi sebagai tanda pengenal di suatu acara. Jadi, bahan yang digunakan dalam pembuatannya kurang mampu bertahan lama.
  • Sementara ID Card dirancang untuk ketahanan jangka panjang karena merupakan tanda pengenal resmi dan cenderung tidak akan diubah. Jadi, bahan yang digunakan untuk pembuatannya akan lebih keras dan tahan lama.

7. Ukuran

  • Name tag pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ID card, karena berisi informasi yang sederhana.
  • ID card berukuran lebih besar daripada name tag, karena memuat informasi yang lebih kompleks. ID Card di Indonesia umumnya memiliki ukuran 8,56 cm x 5,4 cm. 

Itulah penjelasan seputar perbedaan name tag dan ID card. Pilihlah tanda pengenal yang sesuai kebutuhan dan pastikan desainnya sesuai konsep dari acara atau perusahaan terkait

SOUVIA