Name tag adalah lencana yang digunakan di bagian luar pakaian yang bertujuan untuk menampilkan identitas dari pemakainya. Tulisan name tag yang benar sangat penting untuk diperhatikan supaya dapat dengan mudah dikenali oleh orang lain. 

Name tag memiliki fungsi penting sebagai identitas personal, membantu komunikasi dengan orang lain, meningkatkan keamanan, menunjukkan profesionalisme, sebagai sarana branding dan promosi, dan memudahkan akses ke area tertentu pada suatu acara. 

Di berbagai perusahaan, name tag digunakan saat melakukan kunjungan kerja ke tempat lain. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa orang tersebut memang benar berasal dari perusahaan terkait dan menghindari orang yang tidak berkepentingan untuk masuk.  

Tulisan Name Tag yang Benar

Name tag adalah identitas yang mencerminkan suatu perusahaan dan membedakannya dengan perusahaan lain. Tulisan name tag yang benar harus memperhatikan beberapa aspek, sehingga mudah dibaca dan dipahami orang lain.  

Benda ini dapat digunakan di dalam berbagai acara formal maupun semiformal. Selain itu, name tag juga dipakai di tempat kerja, acara khusus, pameran atau festival, atau di tempat yang memerlukan kontrol keamanan dan pengawasan khusus. 

Biasanya name tag berisi informasi, terkait nama lengkap, logo perusahaan, dan jabatan dalam perusahaan tersebut. Name tag biasanya dicetak dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tetapi cukup jelas untuk dilihat orang lain. Berikut adalah berbagai tips dalam membuat desain dan tulisan name tag

  1. Isi name tag yang utama adalah nama dari pemakainya. Oleh sebab itu, nama utama yang ditulis dalam name tag harus jelas dan menggunakan huruf kapital pada huruf pertama setiap katanya.  
  2. Perhatikan informasi tambahan yang perlu ditulis, seperti jabatan atau nama perusahaan. Tulis informasi tambahan di bawah nama utama dengan ukuran huruf yang sesuai ketika name tag dicetak. 
  3. Dalam membuat name tag, pilihlah jenis font yang jelas dan ukuran yang cukup besar untuk dilihat orang lain. Biasanya name tag ditulis menggunakan font Montserrat atau Arial, sehingga memberikan kesan formal.
  4. Pemilihan warna dalam desain name tag juga perlu diperhatikan. Dianjurkan untuk memilih warna yang kontras antara background dengan teks agar tulisan terlihat jelas. Contohnya, untuk background putih, pakai warna teks hitam.
  5. Perhatikan tata letak penulisan name tag agar tampak rapi dan teratur. Hindari membut name tag dengan tata letak yang terlalu padat dan berantakan, karena akan membuatnya sulit dan membingungkan ketika dibaca. 
  6. Sebelum mencetak name tag, lihat kembali ejaan penulisan dan pastikan tidak ada kesalahan. Karena kesalahan penulisan akan menunjukkan kesan yang tidak profesional jika dilihat oleh orang lain.

Itulah berbagai tips tulisan name tag yang benar. Pastikan untuk memberikan informasi yang diperlukan dan penting dalam name tag. Perlu juga untuk memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat name tag, karena dapat mempengaruhi desain dari name tag itu sendiri.  

SOUVIA