Jakarta, sebagai kota metropolitan di Indonesia, bukan hanya pusat ekonomi dan politik, tetapi juga gudang berbagai jenis merchandise Jakarta yang unik. Mulai dari kaus dengan desain khas Jakarta hingga oleh-oleh tradisional yang eksklusif, kota ini menawarkan aneka merchandise yang menarik bagi para wisatawan dan penduduk lokal.    

Dikutip dari plus-dev.jakarta.go.id, Jakarta memiliki cita-cita sebagai kota yang maju dan dapat bahagia bersama dengan seluruh warga di dalamnya. Hal ini dapat terwujud, salah satunya lewat produksi merchandise yang meningkat dan membantu pertumbuhan ekonomi di ibu kota ini.  

Jenis-Jenis Merchandise Jakarta

Berikut adalah berbagai macam jenis merchandise Jakarta yang bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. 

  1. Kaus dan Pakaian Khas Jakarta

Kaus dengan tema Jakarta adalah salah satu merchandise yang paling populer. Desainnya sering kali mencerminkan ikon-ikon kota, seperti: patung ondel-ondel, Monas, dan transportasi, seperti bajaj. 

  1. Aksesori dan Perhiasan

Aksesori, seperti: gelang, kalung, dan anting yang dibuat oleh pengrajin lokal sering kali memiliki sentuhan budaya Betawi. Motif-motif tradisional dan modern berbaur, sehingga menciptakan produk yang unik dan menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. 

  1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan, seperti: wayang Betawi, dan batik khas Jakarta juga sangat diminati. Produk-produk ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki nilai seni yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai barang koleksi yang berharga.   

Tips Membeli Merchandise di Jakarta

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli merchandise di Jakarta. 

  1. Cari Produk Lokal

Usahakan untuk membeli produk dari perajin lokal. Selain mendukung ekonomi lokal, produk-produk ini juga lebih unik dan autentik.  

  1. Tawar-menawar

Di pasar tradisional, kemampuan tawar-menawar sangat berguna. Jangan ragu untuk menawar harga demi mendapatkan harga terbaik. 

  1. Periksa Kualitas

Pastikan untuk memeriksa kualitas barang sebelum membeli, terutama untuk pakaian dan kerajinan tangan. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan produk yang tahan lama dan berkualitas. 

Tempat Pembuatan Merchandise Jakarta 

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat pembuatan merchandise di Jakarta:

  1. Souvia 

Souvia menawarkan aneka pilihan merchandise untuk berbagai keperluan, seperti employee gift, business kit, goodiebag, dan lain sebagainya. Tempat pembuatan merchandise ini beralamat di Menara Rajawali, GoWork Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Ground Floor, Kuningan, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950.  

Tempat ini beroperasi Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 dan hari Sabtu pukul 08.00-12.00. Untuk informasi selanjutnya, silakan hubungi nomor 0812-8747-2997.   

  1. KCB Merchandise & Souvenir Promosi

Di sini Anda bisa mendapatkan aneka merchandise menarik dengan harga terjangkau. Tempat ini berlokasi di Jalan Kalibaru Timur, Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. 

Tempat ini buka pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00-19.00 WIB dan khusus hari Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk informasi selengkapnya, hubungi kontak 085691714460. 

  1. Impero Promosi

Tempat ini berlokasi di Jalan Anggrek Rosliana VII Nomor 14, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Impero Promosi buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk informasi selengkapnya seputar referensi desain dan harga, silakan kunjungi situs imperopromosi.com atau hubungi nomor 08118996998.  

  1. Rajanya Promosi

Tempat ini berlokasi di Jalan Hankam Nomor 13, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Rajanya Promosi ini buka pada Senin sampai Jumat pukul 09.00-17.00 WIB. 

Informasi lainnya terkait merchandise dapat diakses melalui rajanyapromosi.com. Terdapat banyak merchandise dengan harga terjangkau, seperti: botol minum, kaus, tempat kartu nama, dan lain sebagainya.   

  1. Hanata Pratama Indonesia

Tempat yang menyediakan berbagai merchandise menarik ini berlokasi di Jalan Joglo Raya Nomor 70A, Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Tempat ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB. Infomrasi selengkapnya dapat diakses di hanata.id.  

Demikian informasi menarik seputar tips memilih merchandise Jakarta dan rekomendasi tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkannya. Silakan pilih merchandise terbaik yang sesuai anggaran Anda. 

SOUVIA