Hadiah lomba yang unik menjadi salah satu hal penting untuk menarik peserta agar mau berpartisipasi dalam perlombaan. Begitu pula ketika mengadakan lomba di lingkungan sekolah. Setiap memperingati hari besar atau hari penting lainnya, pihak sekolah kerap menjadikan perlombaan sebagai alternatif untuk mengisi hari tersebut.

Akan tetapi, hadiah lomba yang membosankan membuat para siswa menjadi kurang bersemangat. Akibatnya, peserta lomba yang berpartisipasi tidak dapat memenuhi target, sehingga lomba menjadi tidak seru. Oleh karena itu, panitia lomba perlu mempersiapkan dengan matang segala hal yang berkaitan dengan perlombaan, termasuk pilihan hadiah yang akan diberikan. 

Inspirasi Hadiah Lomba yang Unik dan Tidak Membosankan 

Sudah saatnya panitia lomba berpikir kreatif untuk menentukan hadiah lomba yang unik. Dengan demikian, panitia lomba dapat mempersiapkan hadiah yang sesuai dengan minat para siswa.

Supaya hadiah lomba Anda tidak membosankan, berikut adalah 5 inspirasi hadiah lomba yang dapat Anda pertimbangkan.   

  1. Kelas Eksklusif

Berikan kesempatan kepada para pemenang lomba untuk mengikuti kelas eksklusif yang menarik. Contohnya: kelas memasak, kelas melukis, kelas coding, dan kelas yang menarik lainnya. 

Selain sebagai bentuk apresiasi kepada pemenang lomba, hadiah ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Apalagi jika kelas ini bersifat eksklusif, tentu dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat. 

  1. Tiket Wisata

Terlalu sering mengadakan pembelajaran di kelas sering kali membuat para siswa merasa jenuh. Menjadikan tiket wisata sebagai hadiah perlombaan tentu menjadi hal menarik bagi para siswa.

Tidak perlu tiket yang terlalu mahal. Anda dapat memberikan hadiah tiket wisata lokal yang edukatif, seperti: kebun binatang, taman hiburan, maupun museum setempat.

  1. Perlengkapan Seni

Bagi pencinta kesenian, memiliki alat yang lengkap untuk mengekspresikan jiwa seninya tentu menjadi hadiah yang berkesan. Berbekal peralatan seni yang lengkap, siswa tersebut dapat melatih dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki. 

  1. Buku Terbaru atau Edisi Khusus

Hadiah berupa buku terbaru atau edisi khusus yang sesuai dengan minat pemenang tentu sangat mengesankan dan bernilai tinggi. Apalagi jika disertai dengan kelas khusus bersama penulis bukunya. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari informasi terkait hadiah ini.

  1. Voucher Belanja

Anda juga dapat menjadikan voucher belanja di toko buku, toko alat tulis, toko elektronik, atau toko lainnya sebagai hadiah yang menarik.   

Namun, jika Anda ingin lebih praktis, hadiah berupa uang tunai dengan nominal yang menggiurkan masih menjadi hadiah yang cukup menarik.

Ada banyak pilihan yang dapat Anda jadikan sebagai hadiah perlombaan. Namun, yang ingatlah untuk tetap memperhatikan usia, minat target peserta lomba, dan anggaran yang tersedia.

Itulah 5 inspirasi hadiah lomba yang unik untuk para pelajar. Pastikan hadiah yang Anda siapkan dapat menarik perhatian para siswa untuk mengikuti perlombaan.  

SOUVIA