Souvenir perusahaan menjadi hal yang sangat penting untuk disiapkan sebagai bagian dari acara perusahaan. Memberi souvenir tidak hanya dilakukan untuk untuk menghargai peran para karyawan, mitra bisnis, maupun tamu perusahaan, tetapi juga dapat menjadi identitas sebuah perusahaan.  

Sebelum memilih souvenir, perlu dilakukan perencanaan dan pemahaman yang mendalam, agar bisa memilih souvenir yang berkualitas, bermanfaat, dan mudah diingat. Memang ada kalanya persiapakn souvenir harus dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi hasilnya tetap harus berkualitas, agar yang menerimanya merasa puas dan terkesan. 

Tips Menyiapkan Souvenir Perusahaan  

Kualitas souvenir dapat berdampak pada citra perusahaan, karena souvenir perusahaan bukan hanya barang biasa, tetapi juga menunjukkan profesionalisme perusahaan tersebut. Berikut adalah tips menyiapkan souvenir untuk perusahaan. 

  1. Pilih Souvenir Perusahaan yang Khas dari Indonesia

Memilih souvenir khas Indonesia sebagai hadiah dapat menggambarkan bahwa perusahaan menghargai kekayaan budaya Indonesia dan para perajinnya. Hal ini memberikan kesan yang mendalam dalam memperkenalkan budaya Indonesia. 

Selain itu, menjadikan souvenir khas Indonesia sebagai hadiah juga dapat membantu masyarakat lokal dalam keberlanjutan ekonomi mereka. 

  1. Pilih Souvenir dari Produk Ramah Lingkungan

Membagikan souvenir yang ramah lingkungan dapat mencerminkan bahwa perusahaan peduli terhadap isu sosial dan lingkungan guna mendukung kehidupan yang berkelanjutan. Souvenir yang ramah lingkungan diproduksi dengan mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan. Produsen akan mempertimbangkan apakah barang tersebut dapat didaur ulang atau apakah barang tersebut hemat energi.  

Ketika sebuah perusahaan memberikan souvenir yang ramah lingkungan baik kepada karyawannya, mitra bisnis, maupun pelanggan, hal ini secara tidak langsung dapat membuat penerimanya termotivasi untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

  1. Pilih Souvenir yang Dapat Digunakan Sehari-hari

Memilih souvenir yang dapat digunakan dalam hidup sehari-hari adalah cara yang bijak agar barang tersebut tidak hanya berkesan, tetapi juga fungsional.  Souvenir yang diperuntukkan bagi penggunaan sehari-hari harus praktis agar tidak hanya dipajang di meja atau lemari, tetapi benar-benar bisa sering digunakan. 

Selain itu, estetikanya tetap perlu diperhatikan, karena souvenir yang dapat digunakan sehari-hari tidak mudah terlupakan dan akan menjadi bagian dari rutinitas harian. 

  1. Pilih Souvenir yang Unik dan Berkesan

Dunia bisnis sangatlah kompetitif. Memilih souvenir yang unik dan berkesan menjadi salah satu langkah besar dalam menciptakan citra yang baik bagi perusahaan. Souvenir yang unik dapat menjadi perhatian dan mudah diingat para penerimanya. 

Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan kreatif dan berkomitmen pada kualitas. Penerima, seperti mitra bisnis akan menganggap bahwa perusahaan ini penuh dengan inovasi dan peduli pada yang lain. Hal ini tentu menjadi manfaat jangka panjang bagi perusahaan.

Contoh Souvenir Perusahaan

Berikut adalah berbagai contoh souvenir dari perusahaan yang dapat dijadikan sebagai pilihan: 

  1. Tas anyaman,
  2. Payung,
  3. Flash disk,
  4. Powerbank dengan logo perusahaan,
  5. Jam dinding atau jam meja,
  6. Kipas elektronik minimalis,
  7. Handuk,
  8. Set alat tulis eksekutif,
  9. Tas laptop batik,
  10. Aromaterapi. 

Berbagai contoh souvenir perusahaan dapat dijadikan sebagai referensi. Pastikan untuk memilih souvenir sesuai dengan anggaran yang sudah disiapkan dan direncanakan sebelumnya. Ingatlah juga untuk bekerjasama dengan supplier yang andal agar souvenir kualitasnya terjamin.    

SOUVIA