Tumbler merupakan tempat penyimpanan minuman saat sedang berpergian. Kini ada banyak model tumbler dengan harga dan bahan yang bervariasi. Agar tidak salah pilih, penting untuk mengetahui tips memilih tumbler yang berkualitas dan aman.  

Tumbler mampu menjaga minuman agar tidak tumpah. Beberapa tumbler bahkan bisa mempertahankan suhu, baik panas maupun dingin.

Namun, saat hendak membeli tumbler, Anda perlu memperhatikan berbagai hal, termasuk ukuran dan bahannya. Pasalnya, beberapa bahan lebih kuat daripada bahan lainnya. Selain itu, ukuran juga harus dipertimbangkan, agar mudah dibawa dan sesuai kebutuhan.  

Tips Memilih Tumbler yang Aman dan Berkualitas  

Penggunaan tumbler dapat membantu dalam menjaga kondisi lingkungan karena dapat mengurangi sampah plastik dan kaleng dari botol minuman yang dibeli. Tumbler juga tersedia dengan berbagai ukuran, sehingga sangat praktis untuk dibawa berpergian. Berikut adalah tips memilih tumbler yang berkualitas dan aman untuk digunakan.

1. Memperhatikan Bahan Tumbler yang Digunakan

Tumbler sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tingginya minat pasar terhadap tumbler membuat banyak perusahaan bersaing menciptakan tumbler yang lebih unggul.

Berbagai jenis material yang sering digunakan untuk pembuatan tumbler di antaranya: polyester, stainless steel, kaca, dan aluminium. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, material stainless steel dan aluminium lebih tahan lama daripada yang lainnya.  

2. Memastikan Keamanan

Memastikan keamanan tumbler bisa dilakukan dengan memilih tumbler yang mencantumkan label BPA-Free. BPA atau Bisphenol – A sendiri adalah salah satu bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa perusahaan masih menggunakan bahan ini dalam pembuatan tumbler.

BPA dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan pada organ reproduksi hingga kanker. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan klaim BPA-Free yang biasanya tertera di kemasan tumbler.  

3. Memilih Tumbler Sesuai Kebutuhan

Meskipun secara umum kegunaan tumbler adalah menyimpan minuman. Namun, telah banyak dijumpai di pasaran berbagai model tumbler yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya: tumbler anak-anak, tumbler untuk traveling, dan bahkan tumbler multifungsi.

Ukuran dari tumbler juga perlu diperhatikan. Saat pergi ke sekolah atau bekerja, maka cukup untuk membawa tumbler dengan ukuran yang sedang. Namun, ketika berpergian dengan waktu yang lama, maka dapat membawa tumbler dengan ukuran yang lebih besar.  

4. Memilih Bahan yang Ringan

Material yang tebal dan berat belum menjamin bahwa produk tumbler berkualitas. Begitu pula sebaliknya, banyak tumbler dengan bahan yang ringan, tetapi berkualitas tinggi. Selain itu, memilih tumbler dengan bahan ringan juga sangat penting karena dapat mengurangi beban tas dan tidak menimbulkan rasa malas untuk membawanya.

Itulah berbagai tips memilih tumbler yang berkualitas dan aman untuk digunakan. Pastikan untuk menerapkan tips di atas agar tidak keliru dalam memilih tumbler.  

SOUVIA