Pengetahuan mengenai cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu tentu akan menjadi sangat berguna di waktu yang tepat dan amat dibutuhkan. Hal ini kerap terjadi saat tiba-tiba resleting macet karena tas terlalu penuh atau sebab lainnya. 

Resleting sendiri merupakan sebuah barisan gigi yang dihubungkan oleh sebuah tuas penarik, sehingga bisa menyatu. Alat ini dapat digunakan untuk menutup pakaian dan tas. Bahan yang digunakan dalam pembuatan resleting biasanya dari jenis plastik atau logam.    

Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Tidak Mau Menyatu

Meskipun sedikit membutuhkan kesabaran, tetapi resleting bisa diperbaiki secara mandiri di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah alat yang dibutuhkan saat memperbaiki dan tentu saja ketelatenan tingkat tinggi. Berikut adalah cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu: 

1. Membuat Zipper Slider Sejajar

Zipper slider adalah tempat di mana resleting digerakkan. Kemungkinan besar saat kondisi tas terlalu penuh, zipper slider berada dalam keadaan yang tidak sejajar, sehingga membuat resleting tas tidak mau menyatu.  

Terkadang saat barang sudah dikeluarkan pun, kondisi zipper slider juga menjadi tak sejajar akibat tekanan barang. Dalam menangani kondisi ini, gunakanlah tang berbentuk runcing untuk membuat kondisi zipper slider kembali sejajar.    

2. Merenggangkan Zipper Slider

Sering kali saat resleting susah menyatu, hal ini dipicu oleh kondisi zipper slider yang sempit. Maka dari itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat zipper slider dalam kondisi melebar dengan merenggangkannya dengan tang.   

3. Olesi Resleting dengan Pelumas

Kondisi zipper slider yang tidak menyatu bisa terjadi karena resleting macet. Agar resleting bisa mudah ditarik, pengguna tas bisa mencoba mengolesinya dengan pelumas. Ada banyak pelumas yang bisa digunakan, seperti: jeli petroleum, pelembab bibir, lilin, maupun sabun batangan.  

Penggunaannya pun cukup mudah. Ambil bahan pelumas secukupnya dan oleskan di sepanjang zipper slider. Pastikan semua sisi telah diolesi pelumas secara merata. Setelah itu, lakukan gerakan menaik-turunkan resleting secara perlahan hingga bisa menutup sempurna.  

4. Melepas Zipper Slider

Cara terakhir memang cenderung lebih rumit. Pengguna membutuhkan alat bantu tang untuk melepas penggeser resleting. 

Usai terlepas, periksa apakah ada sesuatu yang menyangkut di sepanjang slider, sehingga tidak mau menyatu. Pastikan kembali agar slider dalam keadaan sejajar, kemudian pasang kembali penggeser resleting. Jika sudah terpasang, coba gerakkan naik turun secara perlahan hingga tas bisa menutup kembali.    
Itulah 4 cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu secara mandiri di rumah. Pastikan untuk rutin merawat kondisi tas dengan sering memberikan pelumas di zipper slider. Selain itu, pastikan juga bahwa barang yang dimuat sesuai kapasitas agar tidak terlalu penuh.

SOUVIA