Bungkus kado adalah sebuah proses mengemas atau membungkus hadiah dengan kertas kado atau bahan lainnya untuk memberikan kesan estetika yang menarik dan elemen kejutan sebelum mengetahui isi kado yang diberikan. 

Kado tersebut ditujukan untuk orang spesial, seperti: orang tua, keluarga, sahabat, pacar, anak, guru, sahabat, dan lainnya. Untuk memberikan kesan dan makna yang mendalam, kado perlu dibungkus dengan rapi, bagus, dan unik agar penerima kado merasa senang.  

Definisi Kado

Hadiah atau kado bisa diartikan sebagai pemberian dari orang lain bisa berupa barang, uang, atau jasa. Hal ini juga bisa meningkatkan kedekatan sosial dan emosional antarsesama. 

Biasanya seseorang memberikan kado sebagai bentuk pernyataan cinta, kenang-kenangan, atau perayaan hari spesial. Contoh hari spesial yang menjadi momen yang tepat untuk pemberian kado adalah hari ulang tahun, hari kelahiran, hari pernikahan, hari ayah, hari ibu, hari kelulusan, dan lain sebagainya.    

4 Bahan Bungkus Kado

Ketika seseorang menerima sebuah kado, maka yang pertama kali dilihat adalah bungkusnya. Meskipun tampak sepele, tetapi pembungkus kado akan membentuk kesan pertama bagi penerima kado. Terdapat berbagai bahan bungkus kado yang bisa dipilih. 

1. Kotak Kado

Kotak kado terbuat dari kertas karton tebal yang dilapisi kertas kado di bagian luarnya, sehingga menjadi kotak kado yang cantik. Ada berbagai motif, warna, dan ukuran sesuai kebutuhan, dengan harga yang bervariasi. 

Kotak kado ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot membungkus kado. Cukup tambahkan hiasan di luar kotak kadonya, seperti pita sebagai pemanis. 

2. Paper Bag

Paper bag adalah bungkus kado berbentuk tas yang terbuat dari kertas. Paper bag ini cukup umum digunakan sebagai pembungkus kado yang praktis. Selain itu, jenis pembungkus kado ini juga memiliki berbagai motif, warna dan ukuran.  

3. Kain

Sekalipun tampak jarang digunakan untuk membungkus kado, tetapi ada beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk membungkus kado, yakni: kain kanvas dan kain goni. 

Kedua jenis kain itu memang masih jarang digunakan sebagai pembungkus kado. Oleh karena itu, bahan pembungkus kado ini menjadi bahan yang unik. Agar kreasi bungkus kado tidak membosankan, kombinasikan dengan tali, pita, dan pernak-pernik.

4. Kertas

Kertas merupakan pembungkus kado yang paling sering digunakan, sehingga terdiri dari berbagai variasi, warna, dan gambar. Bungkus hadiah dari kertas tergolong sangat terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja. Kertas kado umumnya dibanderol seharga Rp5.000. 

Selain terjangkau dan mudah ditemukan, kertas juga bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan hiasan. Perhatikan selera penerima kado agar bisa membuat bungkus kado dari kertas yang membuatnya senang. 

Setelah mengetahui berbagai bahan bungkus kado di atas, silakan pilih pembungkus kado yang paling sesuai minat calon penerima kado tersebut.  

SOUVIA