Tas kulit yang masih bisa dipakai, tetapi sudah mengelupas memang mengganggu mata. Daripada membuangnya, sebaiknya gunakan cara memperbaiki tas yang mengelupas agar tas itu tetap bisa dipakai.  

Tas yang mengelupas dapat diakibatkan oleh cara penyimpanan dan pemakaian yang salah. Namun, tak perlu khawatir, karena ada cara untuk memperbaikinya. 

Cara Memperbaiki Tas yang Mengelupas 

Berikut adalah berbagai cara memperbaiki tas yang mengelupas tanpa biaya yang mahal. 

1. Pakai Cat Khusus Bahan Kulit

Jika tas Anda mengelupas sedikit. Maka gunakan cat khusus bahan kulit ini untuk menutup bagian yang terkelupas, sehingga berwarna serupa dengan sebelahnya.

Gunakan cat dengan warna yang sama dengan warna tas Anda, lalu sapukan dengan kuas ke bagian yang terkelupas. Ulangi pewarnaan sampai dua (2) kali dan diamkan selama satu (1) malam. 

2. Gunakan Leather Repair Kit

Jika pengelupasan cukup lebar, maka pakai leather repair kit (dempul kulit) untuk memperbaikinya. Dempul ini tersedia dalam berbagai warna, seperti: cokelat, hitam, biru, merah, putih, dan kuning.    

Cara petunjuk pencampuran warna yang ada di kemasan agar tidak keliru. Pakai juga wadah yang disediakan untuk mencampur warna dan aplikatornya untuk mengoleskannya ke tas Anda.  

Oleskan dempul di permukaan tas yang mengelupas dan ratakan sampai bagian yang terkelupas bisa tertutup secara menyeluruh.   

Tekan dempul yang telah diaplikasikan dengan kertas berserat kulit yang disediakan di dalam kit tersebut. 

Diamkan selama 24 jam sampai mengering, lalu angkat kertas tersebut. Tas Anda akan tampak seperti baru. Kit ini bisa dibeli secara online dengan harga sekitar Rp100.000. 

3. Kreasikan Tas Tersebut 

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa berkreasi dengan tas yang terkelupas. Tambahkan hiasan seperti manik-manik atau bunga palsu di permukaan yang mengelupas. 

Meskipun tidak benar-benar memperbaiki kelupas pada tas, tetapi cara ini bisa membuat tas Anda tampak lebih bagus dan unik.   

Cara Merawat Tas Kulit

Jika tidak ingin melakukan cara perbaikan di atas, maka Anda harus merawat tas kulit dengan benar agar tidak mudah mengelupas.     

1. Gunakan Leather Conditioner 

Pertama, gunakan leather conditioner dalam bentuk spray. Semprotkan ke tas kulit untuk melembutkan dan memberikan efek kilau pada tas itu.  

2. Jauhkan dari Air dan Paparan Sinar Matahari  

Usahakan untuk menjauhkan tas dari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama, karena sinar matahari bisa memudarkan warna kulit tas dan membuatnya kering serta kusam. 

Hindari juga tas dari air, karena bisa membuat tas menjadi lembap dan bahkan bisa memicu pertumbuhan jamur di tas.  

3. Masukkan Bag Pillow 

Untuk menjaga stabilitas bentuk tas, masukkan bag pillow saat tas kosong. Ini membantu menstabilkan bentuk tas agar tidak membentuk lipatan yang bisa memicu pengelupasan.  

4. Simpan Tas di Dalam Dust Bag 

Penyimpanan tas merupakan faktor penting dalam perawatan tas. Saat tidak digunakan, simpan tas di dalam dust bag untuk

mencegah penumpukkan debu di permukaan tas. 

Sesekali keluarkan tas dari dust bag agar tas bisa memperoleh udara guna mencegah kondisi terlalu lembap yang menjadi sarang pertumbuhan jamur.  

Setelah cara memperbaiki tas yang mengelupas dan cara merawatnya, kini Anda tak perlu khawatir lagi saat hendak membeli dan memakai tas kulit.  

SOUVIA