Sebagai umat yang beragama, membaca doa ketika memulai dan menutup sebuah acara sangatlah penting agar acara diberikan keberkahan dan keberhasilan serta sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Doa penutup acara seminar dapat menjadi cara terbaik dalam mengakhiri acara agar peserta pun lebih yakin dan percaya diri dalam menempuh hari esok.     

Dengan memanjatkan doa, diharapkan acara seminar dapat memberikan maanfaat yang berarti setelahnya. Sebab, segala sesuatu dan kelancaran urusan manusia tidak lepas dari bantuan Allah Swt. Maka dari itu, membaca doa setelah menggelar atau melaksanakan sebuah acara harus dijadikan kebiasaan yang baik.    

Doa Penutup Acara Seminar

Berikut ini adalah beberapa doa penutup acara seminar yang dapat dijadikan sebagai referensi. 

Doa 1

Doa pertama yang dapat dipanjatkan saat penutupan seminar adalah sebagai berikut:

Bismallahirahmanirahim, Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi nikmahu Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin. Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa gina ‘adzaban naar Alhamdulillahrabbil alamin.

Artinya: “Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Puji dan syukur kami panjatkan kepadamu Ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat-Mu. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah Swt., aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertobat hanya kepada-Mu. Ya Tuhan kami, karuniakanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak, hindarkanlah kami dari azab api neraka.”

Doa 2

Doa kedua yang dapat dipanjatkan saat penutupan seminar adalah sebagai berikut:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sebelum menutup acara, mari sejenak mengangkat tangan seraya menundukkan kepala untuk berdoa dan meminta kepada Allah Swt semoga kegiatan yang kita laksanakan memberikan manfaat dan syafaat. Izinkan saya untuk berdoa menurut agama Islam, untuk Saudara dan Saudari non muslim dapat menyesuaikan menurut kepercayaannya masing-masing.

Audzubillahiminasy syaithannirrajim,

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Astagfirullahaladzim.. 

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi ni a’mahu wa yukafi u  mazidah, ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi li jalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

Allahumma shalli ala Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Ya Allah Ya Tuhan kami, seminar kali ini sangat berarti bagi kami terutama dalam menjalin silaturahmi antar sesama manusia. Engkau hadirkan kami di sini untuk meningkatkan kompetensi kami di bidang pendidikan yang kami tempuh. Untuk itu Ya Allah tanamkanlah sifat Rahman dan Rahim-Mu supaya kami mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat pada hari ini. 

Allahuma Ya Qudus Ya Salam Ya Allah, masa depan merupakan milik generasi penerus kami, jadikanlah kami penerus yang beriman dan bertakwa. Yang hormat pada orang tua dan pendahulu. Ampunilah dosa dan kesalahan kami serta para pendahulu kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar, aamiin aamiin ya rabbal alamin. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah pilihan doa penutup acara seminar yang dapat dijadikan sebagai referensi. Pastikan untuk selalu mengakhiri suatu acara dengan panjatan doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta.   

SOUVIA