Memberikan souvenir untuk guru dapat menjadi momen yang mengharukan. Momen seperti ini biasanya terjadi pada saat kenaikan kelas, hari guru, perpisahan kelas, ataupun kelulusan. Suvenir ini dapat menjadi ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan atas dedikasi guru dalam mencerdaskan anak bangsa. 

Guru merupakan bagian penting dari kehidupan yang disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Di balik kesibukan para guru dalam mengajar dan mendidik, mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para murid. Untuk itu, jika ingin memberikan souvenir kepada guru, maka harus yang bermanfaat dan sesuai kepribadian guru tersebut.  

Souvenir untuk Guru Tercinta 

Berikut adalah berbagai rekomendasi souvenir untuk guru yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

1. Peralatan Mengajar 

Guru pasti akan senang jika diberikan peralatan mengajar, seperti: spidol papan tulis, penghapus papa, tulis, pulpen, ataupun organizer meja kerja. Perlengkapan ini akan dibutuhkan dalam menunjang proses mengajar. 

2. Buku dan Alat Baca

Jika guru Anda gemar membaca, maka membelikan buku, e-reader, atau kacamata baca merupakan pilihan yang tepat. Pilihlah buku yang sesuai dengan background dan minat atau bidang mata pelajaran yang diajarkan guru tersebut.

3. Dekorasi Rumah

Memberikan souvenir dekorasi rumah juga dapat dijadikan pilihan, karena barang-barang tersebut berguna dan juga unik. Berikanlah barang seperti vas bunga, selimut, keset lantai, sprei, tanaman, tikar, jam dinding, atau lain sebagainya.

4. Paket Wisata

Paket wisata dapat dijadikan pilihan bagi guru yang suka traveling. Anda dan teman sekelas dapat secara kolektif mengumpulkan uang untuk memberikan pengalaman baru dan menyenangkan untuk guru. 

5. Hadiah DIY 

Souvenir untuk guru selanjutnya yang menarik adalah hadiah DIY alias Do It by Yourself. Tentunya hadiah yang dibuat sendiri akan memberikan kesan yang berarti bagi siapapun yang menerimanya. Buatlah kartu ucapan seperti scrapbook, lukisan, syal rajut, atau lain sebagainya. 

6. Peralatan Makan

Peralatan makan, seperti: cangkir, mangkuk, atau piring dapat dijadikan inspirasi memberi souvenir yang cantik untuk guru. Pilihlah desain dan bentuk yang elegan agar berkesan dan selalu terkenang. 

7. Perhiasan

Perhiasan dapat menjadi souvenir yang menarik. Walapun harganya tidak murah, tetapi Anda dapat secara kolektif mengumpulkan uang dan membelikannya. Pilihlah kalung atau gelang yang dapat langsung digunakan. Hindari membeli cincin, karena akan terlalu berisiko jika ukurannya tidak pas.

8. Perlengkapan Ibadah

Jika sang guru beragama Islam, berikanlah kenang-kenangan berupa perlengkapan ibadah. Belilah mukena, sarung, tasbih, atau sajadah sebagai hadiah. Selain itu, memberikan Al-Qur’an atau kerudung juga dapat menjadi pilihan.

9. Jam Tangan

Jam tangan dapat menjadi souvenir yang berguna, karena dapat digunakan dan dibawa dalam aktivitas sehari-hari. Berikanlah jam tangan dengan desain yang elegan ataupun custom berinisial. Suvenir tersebut tentunya akan selalu dikenang dan diingat guru.

10. Peralatan Olahraga

Peralatan olahraga dapat menjadi pilihan yang tepat diberikan kepada guru olahraga. Contohnya: bola basket, bola voli, atau jarring badminton. Peralatan tersebut dapat digunakan saat bersantai di luar jam kerja atau bahkan juga saat mengajar.

Demikianlah beberapa rekomendasi souvenir untuk guru tercinta yang dapat dijadikan sebagai referensi. Pilihlah souvenir yang tepat agar hadiah tersebut berkesan dan bermanfaat bagi guru.  

SOUVIA