Seminar proposal merupakan salah satu rangkaian pijakan menuju skripsi dan kelulusan. Jika proposal mendapatkan lampu hijau, maka pengerjaan skripsi otomatis akan berjalan. Di dalam seminar ini, ada 10 pertanyaan seminar proposal yang kerap ditanyakan.  

Pertanyaan tersebut tentu berkaitan dengan berbagia hal mengenai proposal yang diajukan. Untuk menjawabnya dengan tepat, penting untuk memahami secara utuh tentang permasalahan yang akan diteliti.  

10 Pertanyaan Seminar Proposal

Berikut adalah 10 pertanyaan seminar proposal yang kerap ditanyakan lengkap dengan contoh jawabannya. 

1. Apa esensi latar belakang yang paling fundamental, sehingga Anda meneliti permasalahan ini?

Seperti yang telah dijabarkan dalam proposal latar belakang fundamental, penelitian ini diangkat karena bahasan utama telah menjadi topik hangat dan kerap viral dalam masyarakat. Berangkat dari sanalah saya memutuskan menjadikan ini sebagai sebuah hal mendasar guna mencari akar permasalahan, sehingga bisa menjadi solusi ke depan sekaligus preventif untuk kejadian serupa.

2. Bagaimana tujuan dalam penelitian ini bisa benar-benar menjawab masalah yang diambil dalam latar belakang?

Sebagaimana yang saya ulas di depan, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh akar permasalahan yang ada dan melakukan tindakan preventif sejak usia remaja.

3. Apa kebaruan dari penelitian ini?

Penelitian ini belum banyak dilakukan di Indonesia. Selain itu, penelitian ini dilengkapi literatur terkait kenakalan remaja dan parenting.   

4. Bagaimana metodologi yang dipakai dalam penelitian?

Metodologi yang dipakai merupakan perpaduan metode kuantitatif serta kualitatif. Keduanya dipakai agar bisa saling melengkapi dan meningkatkan validitas penelitian.

5. Bagaimana memastikan bahwa penelitian yang dilakukan valid?

Pengumpulan data dan analisis akan dilakukan dengan tepat dan ketat untuk meningkatkan akurasi data dan hasil penelitian. Masukan dari ahli juga akan dilakukan guna memastikan validitas penelitian.

6. Siapa saja sasaran penelitian ini dan siapa yang akan terdampak dari hasil penelitian ini?

Sasaran penelitian ini ialah ibu muda dengan usia produktif, karena mereka berada pada tentang usia yang paling terdampak langsung dari semua kasus yang ada.

7. Apa manfaat dari penelitian ini bagi masyarakat luas dan ilmu pengetahuan yang ada?

Manfaatnya bagi masyarakat luas adalah dari memberikan solusi yang bisa dipakai sebagai tindakan preventif dan memecahkan masalah yang sudah terjadi. Sementara bagi ilmu pengetahuan, penelitian ini diharapkan bisa menjadi metode dan temuan baru untuk menjadi pertimbangan dalam penyelesaian masalah yang telah ada.

8. Apa saja keterbatasan dalam penelitian yang dilakukan?

Keterbatasannya adalah usia yang paling optimal dalam pengambilan sasaran penelitian. Penentuan ini akan berdampak luas terhadap faktor-faktor di luar kendali. 

9. Bagaimana caranya menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan?

Pertama, yakni mempublikasikan temuan dalam jurnal ilmiah. Kemudian, penyampaian melalui seminar, konferensi, dan komunitas terkait juga akan digencarkan. 

10. Bagaimana jika hipotesa salah dan penelitian tidak terbukti?

Jika salah, maka penelitian ini masih tetap bisa memberikan manfaat yakni tentang informasi terkait. 

Demikian adalah 10 pertanyaan seminar proposal yang bisa dipelajari di rumah. Sukses untuk seminar proposal Anda!   

SOUVIA