Memilih divisi acara pada setiap acara dalam kepanitiaan mahasiswa adalah cara yang tepat untuk melatih ketangkasan, ketelitian, dan kerja sama. Namun, sebelum diterima di divisi acara, mahasiswa akan diwawancara terlebih dahulu. Salah satu pertanyaannya adalah apa alasan memilih divisi acara.   

Divisi acara sendiri merupakan bagian integral dari sebuah organisasi atau perusahaan yang bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan berbagai jenis acara. Peran divisi acara sangat penting dalam memastikan bahwa setiap acara berjalan lancar sesuai tujuan dan harapan yang telah ditetapkan. 

Alasan Memilih Divisi Acara 

Ada berbagai alasan memilih divisi acara. Namun, yang pasti, memilih divisi acara merupakan keputusan yang cerdas. Inilah berbagai alasan penting dalam memilih divisi acara.  

1. Memiliki Peranan Penting 

Divisi acara merencanakan dan mengatur acara secara teratur. Dengan menetapkan urutan dan waktu untuk setiap kegiatan, acara dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kekacauan. Tanpa adanya divisi acara, maka acara tidak akan berjalan sama sekali. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab mahasiswa.    

2. Pengalaman yang Terarah

Dengan berperan aktif di dalam divisi acara, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang terarah dan terencana dengan baik. Hal ini memudahkan mahasiswa untuk terbiasa menerima dan mengikuti arahan dari senior, sehingga turut membantunya untuk terbiasa melakukannya sebelum memasuki dunia kerja.  

3. Belajar Menentukan Tujuan dan Rangkaian Acara

Divisi acara berperan penting untuk menentukan tujuan dari acara yang akan diselenggarakan. Dengan bertugas di dalam divisi acara, mahasiswa dapat belajar cara menentukan tujuan acara. Selain tujuan acara, divisi acara juga menentukan rangkaian acara. Hal ini tentu merupakan ilmu berharga bagi mahasiswa. 

4. Merangsang Kreativitas 

Meskipun ada tujuan acara yang telah ditetapkan, tetapi masih ada ruang untuk fleksibilitas dalam desain acara. Hal ini memungkinkan para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas masing-masing.    

5. Mengasah Kemampuan Manajemen 

Divisi acara bertanggung jawab dalam perencanaan dan pelaksanaan acara secara menyeluruh. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen yang baik. Berada di dala divisi ini bisa mengasah kemampuan manajemen pada mahasiswa. 

6. Bisa Bertukar Ide 

Bertukar ide adalah hal yang kerap dilakukan divisi acara. Dengan adanya banyak ide kreatif dari setiap anggota divisi, acara dapat terlaksana dengan meriah. Hal ini melatih para mahasiswa untuk bertukar ide, mendengarkan pendapat satu sama lain, dan menyatukan semua ide tersebut.  

7. Mampu Mengukur Risiko 

Divisi acara juga harus memperhitungkan berbagai jenis risiko yang mungkin timbul dalam pelaksanaan acara. Hal ini dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengukur risiko dan mencegah terjadinya risiko tersebut.  

8. Berlatih Bekerja di Bawah Tekanan 

Tenggat waktu bukan hal baru di dalam divisi acara. Setiap anggota di divisi ini bisa terlatih untuk menghadapi banyak tenggat waktu dan menyelesaikan setiap pekerjaan sebelum tenggat waktunya masing-masing.   

Itulah berbagai alasan memilih divisi acara untuk para mahasiswa. Dengan memilih divisi acara, mahasiswa dapat mengasah banyak kemampuan penting agar menjadi pribadi yang lebih baik dan profesional.  

SOUVIA